Apakah pacaran itu Halal atau Haram ???

Re: PACARAN (menurut Islam) HALAl/HARAM???
oleh choiralia pada Selasa Feb 12, 2008 12:48 am

Rasulullah Saw tidak pernah mengharamkan pacaran meskipun pacaran telah menjadi tradisi di Arab Jahiliyyah seperti juga tradisi penduduk Nusantara kuno.

kisah-kisah seputar para santri juga hampir selalu diwarnai dengan pacaran, para kyai tidak melarangnya, (tapi ini bukan alasan mengapa pacaran itu boleh). melainkan pacaran boleh karena tidak pernah ada larangan di sana, (dari sononya) tentang pelarangan pacaran.....................

pacaran tetap boleh asal tidak melanggar aturan-aturan syariat (bahasa temen-temen berkerudung lebarnya adalah ta'aruf atau pacaran Islami) ... walah.

intinya, adalah yah sekali lagi tidak pernah ada pelarangan proses pacaran itu sendiri..........
yang dilarang adalah bersepi-sepian (indehoi---------?) dengan lawan jenis bukan muhrim karena jika hanya berdua an di tempat yang sepi tentu saja yang ketiganya adalah syetan...........

Ada hadits Nabi yang mengisahkan bahwa Nabi pernah berdua an dengan wanita non muslim, namun berduaan di sini bukan berarti bersepi-sepian, tanpa diketahui aktivitasnya oleh orang lain. karena Seorang wanita dari kaum Anshar telah mendatangi Nabi saw., (ini bukan Muhrim Nabi) hingga Rasul pun berduaan dengannya. (lihat di bab Nikah pada kitab-kitab hadits imam Bukhari dan imam Muslim dari Anas bin Malik r.a.)

Hadits tersebut dimuat di Shahih Bukhari, kitab “Nikah”, bab “Sesuatu Yang Membolehkan Seorang Pria Berkhalwat dengan Seorang Perempuan di Dekat Orang-orang”, jilid 11, hlm. 246. Hadits tersebut juga dimuat di Shahih Muslim, kitab “Keutamaan Para Shahabat”, bab “Keutamaan Kaum Anshar”, jilid 7, hlm. 174.

maksud penukilan referensi ini adalah jika ada yang mengatakan paaran pasti suka berduaan, maka ini tidak boleh. jawabnya adalah memang tidak boleh berduaan jika di tempat sepi . bahasa Arabnya, (ini asli dari haditsnya) "Laa yahluwanna ahadukum bim ro'atin)..... jangan berkhalwat.......... bersepi-sepian.......... mojok........ sehingga aktivitasnya tidak diketahui orang lain.

nah, adakah yang menyangkal jika pacaran lewat surat misalnya? atau sms mungkin/?

(mohon saran dan kritik donk.... gmn setuju ga dgn note nyah apa gmn ? jujur, bingung sayah)


Sumber : http://forum.nu.or.id/viewtopic.php?t=48&f=4

1 komentar:

  Anonim

11 Juni 2010 pukul 02.42

kyk nya knl deh ni note...??

but keep posting.....

hehee